Tabung Pendidikan

Wednesday, May 26, 2010

7 Keajaiban Dunia

Machu Picchu ("Gunung Tua" dalam bahasa Quechua; sering juga disebut "Kota Inca yang hilang") adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m diatas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco.


Salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru adalah  Kota Petra. Penetapan tujuh keajaiban dunia itu merupakan pilihan dari 100 juta orang di seluruh dunia melalui internet dan pesanan ringkas (SMS) telefon selular, yang diadakan oleh Swiss Foundation, serta diumumkan di Lisbon, Portugal, pada 07-07-07 Petra adalah kota yang didirikan dengan memahat dinding-dinding batu di Yordania. Petra berasal daribahasa Yunani yang bererti 'batu'. Petra merupakan simbol teknik dan perlindungan. Kata ini merujuk pada bangunan kotanya yang terbuat dari batu-batu di Wadi Araba, sebuah lembah di Yordania. Kota ini didirikan dengan menggali dan mengukir cadas setinggi 40 meter.


Tāj Mahal adalah sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk isteri, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Pembangunannya menghabiskan waktu 23 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari architecture Mughal. Shah Jahan, raja dari kesultanan Mughal memiliki kekayaan yang besar selama masa kejayaannya. Pada 1631 isteri wafat sewaktu melahirkan putreinya Gauhara Begum, anak ke-14 mereka.

Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar Cina (Hanzi tradisional: 長城; Hanzi sederhana: 长城; pinyin: Chángchéng), juga dikenal di Cina dengan nama Tembok Raksasa Sepanjang 10.000 Li¹ (萬里長城; 万里长城; Wànlĭ Chángchéng) merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, terletak di Republik Rakyat Cina. Panjangnya adalah 6400 kilometer (dari kawasan Sanhai Pass di timur hingga Lop Nur di sebelah barat) dan tingginya 8 meter dengan tujuan untuk mencegah serbuan bangsa Mongol dari Utara pada masa itu. Lebar bahagian atasnya 5 meter, sedangkan lebar bahagian bawahnya 8 meter. Setiap 180-270 m dibuat seperti menara peninjau. Tinggi menara peninjau tersebut 11-12 m.


Chichén Itzá (pengucapan /tʃiːˈtʃɛn iːˈtsɑː/);[1]adalah suatu Peradaban Maya di Mexico pada abad 800 SM. Piramida Kukulcan di kompleks bersejarah ini dipercayai sebagai pusat kegiatan politik dan ekonomi peradaban bangsa Maya yang terletak di Semenanjung Yucatan (kini wilayah Mexico). Itza merupkan titik pusat kompleks bangunan lainnya seperti Piramid Kukulcan, Candi Chac Mool, dan bangunan Seribu Tiang


Colosseum adalah sebuah peninggalan sejarah berupa gedung pertunjukan yang besar/amphitheatre yang termasuk salah satu dari “Tujuh Keajaiban Dunia Pertengahan.” Terletak di Ibukota Negara Itali, Rom, bernama asli “Flavian Amphitheatre”, didirikan oleh Raja Vespasian dan diakhiri oleh anaknya Titus. 



Patung Kristus Penebus (bahasa Portugis: Cristo Redentor) adalah patung Yesus Kristus dengan gaya binaan Art Deco terbesar dan terdapat di Rio de Janeiro, Brasil. Patung memiliki tinggi 38 meter dan terletak di puncak dari Gunung Corcovado yang tingginya 710 m di Taman Nasional Hutan Tijuca, yang menghadap ke kota. Patung ini menjadi simbol umat Kristian, dan menjadi simbol kebanggaan kota Brazil. Tangan patung ini yang terbuka dilihat banyak orang sebagai tanda dari keterbukaan penduduk Brazil.

9 comments:

  1. Macm pernah nmpk bangunan Petra tu ..

    Hmmm . AH! Dekat cite Transformer! Hehe...

    ReplyDelete
  2. suke tgk taj mahal..bila la bole g tgk..

    tp india bknla destinasi pelancongan idaman sy ;(

    ReplyDelete
  3. tapi, dlm sesetngah buku angkor wat pun termasuk dlm 7 benda ajaib di dunia

    ReplyDelete
  4. semua keajaiban dunia di atas memnglah pantas...

    ReplyDelete
  5. cristo redentor nih biasa2 jer pon. xde la special mana. tapi boleh gak termasok dalam 7 keajaiban dunia. haihh

    ReplyDelete
  6. Chichén Itzá unfinished pyramid..niagara fall, air terjun pling tinggi di dunia smpdn canada & US, slh satu keajaiban dunia..

    ReplyDelete